Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan “hubungan pendekatan sosio-emosional dengan akhlak siswa” (2) Untuk mengetahui Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I Getassrabi Gebog Kudus (3) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan pendekatan sosio-emosional dengan akhlak siswa kelas 5. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MI NU Manafiul Ulum I dengan menggunakan metode angket dan didukung oleh hasil dokumentasi pada siswa sebanyak 30 orang dan teknik analisis data menggunakan rumus uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Teknik Pendekatan sosio- emosional Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) sebesar 85,3 yang masuk dalam interval 75-86, artinya pelaksanaan Pendekatan sosio-emosional Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terlaksana dengan efektif. (2) Kemampuan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari Akhlak siswa sebesar 86,33 yang masuk dalam interval 84-95. Jadi, semakin baik Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, maka semakin mudah pula guru menyampaikan materi pembelajaran yang diajarkan. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Hubungan Pendekatan Sosio-emosional dengan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat rtabel adalah = 0,361 sedangkan ro = 0,721 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt) maka Ho ditolak dan Ha diterima.