HUBUNGAN ANTARA SCHOOL CULTURE DENGAN NILAI-NILAI KEIMANAN DAN KETAQWAAN PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL HUDA BULUNG KULON JEKULO KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui school culture di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus 2) mengetahui nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus 3) mengetahui hubungan antara school culture dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 161 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 42 peserta didik dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu korelasi sederhana dan uji t signifikansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) School culture di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus dalam kategori baik dengan rata-rata 128,76 pada interval (126-134). 2) Nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 69,33 pada interval (65-69). 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara school culture dengan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus dengan nilai r sebesar 0,675 pada interval (0,60-0,799) dalam kategori korelasi tinggi. Sedangkan besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 45,5625 atau 46%.