Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahuipengaruh nilai seni teater terhadap meningkatkan karakter percaya diri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni teater.Penelitian ini jenis penelitian file risert dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni teater jumlah 35 siswa. Pengumpulan data dengan instrumen angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji SPSS Statistik parametrik. Hasil nilai seni teater yang diperoleh dari guru pengampu ekstrakurikuler seni teater yang kemudian diolah dengan bantuan SPSS dalam kategori cukup, karena diperoleh rata-rata hasil 77,314. Hasil angket karakter percaya diri siswa dalam kategori cukup, Penerapan ekstra seni teater (X) berpengaruh signifikan terhadap karakter percaya diri siswa (Y) di SMK NU Miftahul Falah dengan persamaan regresi Y = 30,578 + 0,641 X. Misalnya jika nilai interval seni teater (X) 77 maka nilai interval karakter percaya diri (Y) = 30,578 + 0,641 (77) = 80,2. Artinya, jika seni teater diterapkan maka akan berpengaruh terhadap karakter percaya diri siswa dengan diperolehnya nilai thitung> ttabel (5,473 > 2,03224). Serta ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji SPSS 16.0 sebesar 0,000 < 0,05 berarti model korelasi signifikan.