IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH JAKENAN PATI
Daftar Isi:
- Penulisan skripsi dengan judul: Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati ini mengambil tiga pembahasan diantaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati?. 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran think talk write dalam meningkatkan daya ingat pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati?. 3) Apa Faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode trianggulasi. Analisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi data). Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak yang kurang efektif dan efisien. Sehingga diterapkan model pembelajaran think talk write ini untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dalam penerapannya, siswa cenderung lebih aktif dalam berfikir, berbicara (berkomunikasi) dan menulis sehingga daya ingat atau memori mereka mengalami peningkatan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pengkondisian kelas dan faktor pendukungnya adalah alokasi waktu dan antusias serta semangat peserta didik.