Daftar Isi:
  • Penulis ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri 4 Rembang, (2) Untuk mengetahui kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri 4 Rembang, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 4 Rembang. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak penulis. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Negeri 4 Rembang yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII, kemudian diambil sampel 57 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penulis menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Team Games Tournament dalam kategori baik yaitu 44,631 yang termasuk dalam interval 51-57. Kemampuan psikomotorik peserta didik dalam kategori baik yaitu 6,384 yang termasuk dalam interval 9-1. 2) Terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournamen terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 4 Rembang, dengan persamaan Ŷ = 99,619 + 15,202 X. 3) penerapan model pembelajaran Team Games Tournament mempunyai hubungan positif dan cukup signifikan dengan kemampuan psikomotorik peserta didik sebesar 0.0154 termasuk dalam kategori sangat rendah. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 00,3% artinya penerapan model pembelajaran Team Games Tournamen memberikan kontribusi kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 4 Rembang.