Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan anatara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan anatara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket yang disebarkan pada responden dengan sampel sebanyak 48 peserta didik dengan teknik probability sampling, dalam teknik yang dipilih adalah simple random sampling, dikatakan simple yaitu sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonearitas, uji autokorelasi kemudian uji statistik mengggunakan uji regresi dan korelasi dibantu dengan program SPSS. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa : 1) Adanya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,404 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima. 2) Adanya hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,470 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima. 3) Adanya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,492 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Dalam analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai Freg sebesar 7,168 lebih besar daripada Ftabel yakni 3,20 (7,168>3,20), maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima bahwa “Ada hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus.”