Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran fiqih, baik materi yang berupa teori maupun praktek. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang bersifat teori maupun praktek. Model pembelajaran yang dimaksud yakni model computer based instruction tipe simulasi. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran fiqih yang menggunakan model pembelajaran discovery di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019. 2) untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran fiqih yang menggunakan model pembelajaran computer based instruction tipe simulasi di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019. 3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pemahaman materi fiqih kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran computer based instruction tipe simulasi) dengan kelompok kontrol (menggunakan model pembelajaran discovery) di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk quasi experiment. Desain ini mempunyai kelompok kontrol tapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Lokasi penelitian di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, berupa posttest. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling, atau pengambilan sampel secara acak. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 76 peserta didik. Sedangkan sampelnya berjumlah 64 peserta didik yang diambil dari populasi dengan masing-masing kelasnya diambil 32 peserta didik dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pemahaman materi fiqih peserta didik kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran discovery) di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori “cukup”. 2) pemahaman materi fiqih peserta didik kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran computer based instruction tipe simulasi) di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun ajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori “baik”. 3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman materi fiqih antara kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran computer based instruction tipe simulasi) dengan kelompok kontrol (menggunakan model pembelajaran discovery). Hasil perhitungan uji hipotesis komparatif menunjukkan Ho ditolak atau Ha tidak dapat ditolak, yang berarti terdapat perbedaan pemahaman materi fiqih antara kedua kelompok tersebut. Serta ditunjukkan dengan hasil SPSS 17.0 Independent Sample Test dengan sig 0.00<0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan.