Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode medongeng dalam mengajar terhadap penurunan perilaku menyimpang anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus dengan sampel responden sebanyak 34 anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi (skala dalam bentuk checklist) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan metode mendongeng dalam mengajar di RA Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus tergolong cukup denagan nilai rata – rata atau hipotesis sebesar 88,8 yang masuk dalam rentang interval 81 – 95. (2) Penurunan perilaku menyimpang anak usia dini di RA Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus tergolong baik. Adapun nilai rata – rata atau hipotesis sebesar 85,2 yang masuk dalam rentang interval 81 – 88. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode mendongeng dalam mengajar terhadap penurunan perilaku menyimpang anak usia dini di RA Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus dengan nilai t sebesar 13,554 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan nilai R square 17,1 memiliki makna bahwa pengaruh metode mendongeng dalam mengajar terhadap penurunan perilaku menyimpang anak usia dini sebesar 17,1 % dan ada pengaruh yang lain terhadap penurunan perilaku menyimpang anak usia dini sebesar 82,9 %.