IMPLEMENTASI BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN MA’HAD AL ULUMISYSYAR’IYAH (MUSYQ) LIL BANAT DI DESA KERJASAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS
Daftar Isi:
- Secara umum, kesulitan belajar terjadi pada setiap anak, termasuk para santri. Selain mengerjakan tugas sekolah, kegiatan pondok juga mempengaruhi kesulitan belajar pada santri. Santri yang mengalami kesulitan belajar sebagian besar menceritakan keluh kesah mereka ke Ustadzah atau pengurus pondok yang dirasa nyaman. Untuk itu, tujuan dari judul skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan seputar kesulitan belajar dan untuk mengetahui implementasi bimbingan Individu dalam menangani kesulitan belajar pada santri putri di pondok. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Pelaksanaan bimbingan individu yang berada di pondok MUSYQ Lil Banat hingga sekarang masih aktif. Bimbingan yang dilakukan oleh pengasuh dan pengurus demi kebaikan para santri, mereka mengemban tanggung jawab yang besar untuk membuat para santri menjadi lebih baik dari sebelumnya. 2) Terdapat beberapa faktor kesulitan belajar, salah satunya faktor internal, sebagian besar santri mengalami faktor psikologis, lewat nasehat dan bimbingan dari pengurus/ustadzah, para santri berusaha mengatasi kesulitan belajar dengan cara mereka sendiri.