PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STM (SAINS, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) DAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI
Daftar Isi:
- Model pembelajaran merupakan pola pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang akan dibahas pada skripsi ini adalah model STM dan learning cycle di mana akan mempengaruhi kemampuan kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan(1)untuk Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran STM, learning cycle dan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits(2)untuk Mengetahui pengaruh antara model pembelajaran STM terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits(3)untuk Mengetahui pengaruh antara model pembelajaran learning cycle terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits(4)untuk Mengetahui pengaruh antara model pembelajaran STM dan learning cycle secara simultan terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fild research) karena penulis terlibat langsung dalam penelitian. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Roudlotusysyubban yakni pada ruang lingkup kelas VII A, B dan C, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut, dengan jumlah sampel 51. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)pelaksanaan model STM, model learning cycle dan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs oudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati tergolong baik yaitu sebesar 64.275, 64.215 dan 8.692(2)terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model STM terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati, dengan menggunakan model Ŷ= 1,131+0,118 X1 dan model learning cycle dengan menggunakan model Ŷ= 2,598+0,095 X2 (3)terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model STM dan learning cycle terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs oudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati dengan model Ŷ= -0,734+0,083 X1 + 0,064X2. Kata kunci: Model Pembelajaran STM, Model Pembelajaran Learning Cycle dan Kemampuan Kognitif Al-Qur’an Hadits