Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari pembelajaran menggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman peserta didik kelas V A pada materi cahaya di MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari pembelajaran tanpa menggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman peserta didik kelas V B pada materi cahaya di MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh dari pembelajaran menggunaan media pembelajaran dan pembelajaran tanpa menggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman peserta didik kelas V A dan V B pada materi cahaya di MI NU Pendidikan Islam Gondangmanis Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Hal ini yang mendasari penulis untuk memilih pendekatan kuantitatif adalah adanya kejelasan teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini. Karena teori ini berfungsi untuk memperjelas masalah yang diteliti sebagai dasar merumuskan hipotesis dan sebagai referensi untuk menyusun instrumen penelitian. Adapun hasil penelitian ini adalah: penggunaan media Baling-Baling pembelajaran memberikan pengaruh terhadap pemahaman peserta didik kelas V materi cahaya dan sifat-sifat cahaya sebesar. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran lebih baik dari pada hasil belajar dari peserta didik yang tidak menggunakan media sederhana. Dari hasil analisis tersebut serta hasil pembelajaran di kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dalam mata pelajaran IPA materi cahaya untuk menigkatkan pemahaman siswa kelas V di MI NU Pendidikan Islam.