PERSEPSI KELUARGA PEMULUNG TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOMPLEKS PECINAN DESA HADIPOLO JEKULO KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Pendidikan Agama Islam Di Komplek Pecinan Desa Hadipolo Jekulo Kudus. 2) Untuk mengetahui persepsi keluarga pemulung terhadap Pendidikan Agama Islam Di Komplek Pecinan Desa Hadipolo Jekulo Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian adalah field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi, Ketua RT Kompleks Pecinan, 1 Orang yang dituakan di Kompleks Pecinan, 4 keluarga pemulung, dan 2 anak dari keluarga pemulung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan 3 teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Agama Islam yang ada di Komplek Pecinan Desa Hadipolo Jekulo Kudus sudah mengalami perubahan dari tahun-ketahun. Hal ini dapat dlihat bahwa keluarga pemulung sangat pengupayakan anak-anak mengenyam Pendidikan. Seperti halnya Pendidikan formal (SD, SMP dan SMA), Pendidikan nonformal (TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) atau Madrasah Diniyah Al-Muhajirin) dan Pendidikan informal yang mana Pendidikan ini berlangsung di dalam keluarga dan lingkungan masyarakat. 2) Persepsi keluarga pemulung terhadap Pendidikan Agama Islam semua informan yang peneliti dapatkan mempunyai pemahaman yang hampir sama bahwa Pendidikan Agama Islam sangat penting dimiliki selain itu dengan berpendidikan anak dapat mengangkat derajat orang tua, mendapat pekerjaan yang layak dan Pendidikan Agama Islam dapat mejauhkan anak-anak dari perilaku yang kurang baik.