IMPLEMENTASI MEDIA INSTRUKSIONAL EDUKATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NU MATHOLI’UL HUDA KEDUNGSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Implementasi Media Instruksional Edukatif pada Mata Pelajaran fiqih di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, Kudus : Jurusan Tarbiyah/Prodi PAI IAIN Kudus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati beberapa hal sebagai berikut : 1) Implementasi Media Instuksional Edukatif pada mata pelajaran Fiqih, 2) Dampak implementasi Media Instuksional Edukatif pada mata pelajaran fiqih, dan 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi Media Instuksional Edukatif di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara peneliti terjun langsung kelapangan atau objek penelitian untuk mendapatkan data yang lebih mendalam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini mendeskripsikan bahwa implementasinya media instruksional edukatif yang diterapkan di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus : 1)Media grafis, media yang digunakan adalah poster gambar/foto, 2)Media teks, media yang digunakan adalah media buku, LKS dan papan tulis, 3)Media audio, media yang digunakan adalah Laptop dengan pengeras suara, 4)Animasi, media yang digunakan adalah boneka dan kain putih, dan 5)Video, media yang digunakan adalah laptop dan proyektor. Dampak implementasi media instruksional edukatif pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus diantaranya: a. Bagi guru mempermudah menyampaikan materi, b. Guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi, c. Bagi peserta didik mudah memahami materi, d. Menarik minat belajar peserta didik, e. Membantu peserta didik untuk berfikir maju. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media instruksional edukatif pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Adapun faktor pendukung dalam implementasi media instruksional edukatif pada mata pelajaran fiqih antara lain sebagai berikut : 1) tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, 2) adanya pendidik yang professional 3) antusiasme peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambat implementasi media instruksional edukatif pada mata pelajaran fiqih diatas: 1) beberapa peserta didik terkadang kurang fokus dalam pembelajaran, 2) Waktu efektif pembelajaran berkurang.