Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata pelaksanaan implementasi model pembelajaran memorization dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus, tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk melihat pelaksanaan pembelajaran implementasi model pembelajaran memorization 2) Untuk melihat faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran memorization 3) Untuk melihat keberhasilan implementasi model pembelajaran memorization Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pembelajaran implementasi model pembelajaran memorizationdalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah: 1) Pemberian penguatan materi yang disampaikan guru dengan cara yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik. 2) Kegiatan diskusi yakni kegiatan diskusi antara peserta didik untuk memahami dan menghafal materi yang telah disampaikan guru. 3) Pemberian pertanyaan dari guru untuk semua kelompok. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran memorization adalah: faktor pendukung; a) pendidik yang berkompeten b) sarana dan prasarana yang memadai c) kesadaran peserta didik akan pentingnya belajar d) lingkungan yang tenang. Faktor penghamabat; a) malas untuk berdiskusi b) berbicara sendiri dengan teman c) alokasi waktu pembelajaran terbatas. Ketiga, keberhasilan implementasi model pembelajaran memorization ; a) meningkatnya hasil belajar siswa b) memotivasi belajar siswa c) tercapainya tujuan pembelajaran.