Daftar Isi:
  • Skripsi ini berisi penelitian tentang penerapan metode diskusi pada mata pelajaran SKI di kelas IX-C MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan metode diskusi pada mapel SKI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-C di MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX-C dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini berhasil jika 80 % siswa tuntas dengan rata-rata di atas 76. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa menjadi lebih aktif. Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siklus I keaktifan siswa mencapai 70 %. Pada siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 82,5 %. Sedangkan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata sebesar 75,33 dengan ketuntasan belajar sebesar 70 %. Siklus II nilai rata-rata 87,66 dengan ketuntasan belajar sebesar 83,33 %. Penelitian ini berhasil karena sudah mencapai batas ketuntasan belajar dan mencukupi KKM MTs NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus.