Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah menabung dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah. Di dalam penelitain ini terdapat tiga permaalahan, yaitu (1) faktor yang mempengaruhi nasabah menabung. (2) strategi yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah nasabah. (3) kendala yang dialami saat meyakinkan nasabah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukandengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasidan wawancara yang diperoleh dari Manajer Cabang, Manajer Marketing dan para Nasabah di KSPS BMT Logam Mulia Cabang Klambu. Dananalisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dankesimpulan. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) faktor yang paling dominan diantara variabel pelayanan, variabel produk, variabel bagi hasil dan variabel lokasi adalah variabel pelyanan. (2) Strategi pemasaran yang dibuat oleh KSPS BMT Logam Mulia Cabang Klambu dalam meningkatkan jumlah nasabah yakni dengan pelayanan, perencanaan produk dan promosi dengan personal seling. (3) Kendala yang dialami KSPS BMT Logam Mulia Cabang Klambu dalam mempengaruhi nasabah untuk menabung adalah adanya daya saing dengan lembaga lain dan promosi dengan personal selling yang menjadi kendala ini adalah waktu yang tidak maksimal.