Eksperimentasi Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran konvensional di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran complete sentence di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang diberikan kepada kelas eksperimen (VIII E) dan kelas kontrol (VIII F) setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran yang berbeda. Dan lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran konvensional di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018, tergolong cukup yakni sebesar 77,361 masuk dalam interval (75-82). 2) Prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran complete sentence di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018, tergolong baik yakni sebesar 83 masuk dalam interval (83-90). 3) hasil uji hipotesis eksperimentasi model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat pengaruh dan perbedaan. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 2,2203 yang lebih besar dari ttabel pada taraf kesalahan 5% = 1,645 yakni 2,2203>1,645. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar dan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran complete sentence dan kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional.