Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Tujuan Pendidikan Islam, 2. Konsep Tujuan Pendidikan Islam menurut Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al-Mujtama’i, 3. Relevansi konsep Tujuan Pendidikan Islam menurut Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al-Mujtama’i terhadap Tujuan Pendidikan Islam Kontemporer. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu pertama-tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, kemudian menguraikan data-data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa buah karyanya, backgroundnya, maupun konteks sosial saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melewati proses Content Analysis untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al-Mujtama’i. Dalam kondisi ini Hermeneutik memerankan dirinya sebagai sebuah metode yang menafsirkan atau menginterpretasikan. Kemudian metode content analysis akan mengungkapkan isi kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al-Mujtama’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep tujuan pendidikan Islam menurut Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al-Mujtama’i adalah mengembangkan pikiran manusia dan mengatur tingkah laku serta perasaan mereka berdasarkan Islam yang dalam proses akhirnya bertujuan untuk merealisasikan ketaatan dan penghambaan kepada Allah di dalam kehidupan manusia, baik individu maupun masyarakat. Dan konsep tujuan pendidikan Islam yang digagas Abdurrahman An-Nahlawi masih relevan dengan konteks pendidikan masa kini karena telah mencakup tujuan pendidikan yang dirumuskan oleh para ahli pendidikan Barat yang dielu-elukan oleh masyarakat saat ini.