STUDI EKSPERIMEN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV MI ANNUR DAREN NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Realitas yang ada di MI Annur Daren Nalumsari Jepara menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih berada dibawah dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum). Dan untuk meningkatkan hasil belajar tesebut peneliti melakaukan studi eksperimen terhadap mata pelajaran Matematika dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar Matematika sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Matematika di kelas IV, (2) mengetahui agaimana hasil belajar Matematika setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mata pelajaran Matematika di kelas IV, (3) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika di kelas IV MI Annur Daren dengan menggunakan model pemebelajaran Think Pair Share dan non Think Pair Share mata pelajaran Matematika,(4) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi pada mata pelajaran Matematika antara pretest dan postest,(5) mengetahui adakah interaksi antara hasil belajar peserta didik dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi antara pretest dan postest dalam penggunanan model pemebelajaran Think Pair Share. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Penulis melakukan studi eksperimen di MI Annur Daren Nalumsari Jepara yaakni pada ruang lingkup kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar peserta didik kelas IV dengan tidak menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Matematika di MI Annur Daren Nalumsari Jepara kurang dari KKM ( 70 ). Hasil belajar peserta didik kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada mata pelajaran Matematika di MI Annur Daren Nalumsari Jepara Tahun diatas KKM (75) . Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share di MI Annur Daren Nalumsari Jepara. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas IV dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi pada mata pelajaran Matematika di MI Annur Daren Nalumsari Jepara. Tidak terdapat interaksi antara hasil belajar peserta didik kelas IV dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan non Think Pair Share di MI Annur Daren Nalumsari Jepara.