PENGGUNAAN MEDIA ABACA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUL FALAH NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berupa keterampilan berbicara Bahasa Inggris peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di MI Darul Falah Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media ABACA flashcard dapat dan telah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. dengan hasil yang menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media ABACA Flashcard pada mata pelajaran bahasa inggris kelas IV di MI Darul Falah Ngembalrejo Bae Kudus diperoleh rata-rata sebesar 93,72 dan termasuk dalam kategori baik. 2) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan media ABACA Flashcard pada mata pelajaran bahasa inggris kelas IV di MI Darul Falah Ngembalrejo Bae Kudus diperoleh rata-rata sebesar 84,2 dan termasuk dalam kategori cukup. 3) Ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media ABACA Flashcard dengan peserta didik yang tidak menggunakan media ABACA Flashcard. Hal ini sesuai dengan hasil x^2tabel=3,841 ternyata x^2hitung lebih kecil dari x^2tabel (0,101<3,841), maka Ho tidak dapat ditolak.