PENGARUH METODE PEER LESSON TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NU RAUDLATUS SHIBYAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara penerapan metode pembelajaran Peer Lessons terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penyelidikan atau penelitian dimana peneliti langsung terjun ke kancah untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VII. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang metode pembelajaran Peer Lessons dan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII-A sebanyak 31 peserta didik dan kelas VII-B sebanyak 29 peserta didik. Jadi jumlah keseluruhan 60 peserta didik kemudian diambil sampel sebesar 60 dengan menggunakan teknik sampling purposive. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang pengaruh penggunaan metode pembelajaran Peer Lessons terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan Metode Peer Lessons pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Kudus tahun pelajaran 2017/2018 menurut hasil peneliti adalah tergolong cukup baik karena memiliki nilai rata-rata 42,93 yang termasuk dalam interval 33-43. 2). Kemampuan peserta didik dalam memecahkann masalah pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Kudus tahun pelajaran 2017/2018 menurut hasil peneliti adalah tergolong baik karena memiliki nilai rata-rata 51,9 yang termasuk dalam dalam interval 51-65. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Peer Lessons terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih dengan persamaan regresi Ŷ = 7,205 + 1,040X. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Peer Lessons dengan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus sebesar 0,815 dan dalam kategori sangat kuat dengan koefisien determinasi sebesar 66,42%, artinya metode pembelajaran Peer Lessons memberikan konstribusi sebesar 66,42% terhadap kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus.