Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui tradisi Meron serta nilai edukatif dalam acara tradisi Meron dalam perspektif Pendidikan Agama Islam di Desa Sukolilo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yaitu mereduksi data, merangkum data hasil dari penelitian dilanjutkan dengan mendisplay data atau menyajikan data secara sistematis dan diverifikasi untuk memperdalam agar dapat ditarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui Tradisi Meron bisa dilakukan melalui proses pendekatan bertahap berdasarkan perkembangan psikologis masyarakat. Tahapan penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dapat melalui pembiasaan, pengalaman langsung, keteladanan, dan kisah. Sedangkan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam perayaan tradisi Meron dalam prespektif pendidikan Agama Islam yakni 1) Menaati pemimpin, 2) memelihara kesejahteraan bersama, dan 3) Memiliki sikap toleransi.