SINERGITAS PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DENGAN SMP MUHAMMADIYAH 1 (Studi Kasus Model Pengelolaan Pendidikan Terpadu dengan Muhammadiyah Boarding School (MBS) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) pelaksanaan model pendidikan terpadu Muhammadiyah 1 Kudus dengan pondok pesantren SMP Muhammadiyah 1 Kudus, 2) faktor-faktor penghambat dan pendukung model pendidikan terpadu dengan boarding school SMP Muhammadiyah 1, 3) analisis implikasi pendidikan terpadu muhammadiyah boarding school terhadap kualitas output SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data secara induktif melalui beberapa metode. Adapun metode yang digunakanya itu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dengan demikian, model pengelolaan pendidikan terpadu boarding school di SMP Muhammadiyah 1 Kudus dapat terungkap secara jelas dan mendalam. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan model pengelolaan pendidikan terpadu boarding school di SMP Muhammadiyah 1 Kudus dalam praktiknya dapat dilihat melalui kurikulum yang diterapkan. Ada dua bagian, yakni kurikulum nasional, kurikulum lokal kepesantrenan. Pola keterpaduan dari sistem tersebut berimplikasi pada tingkat kualitas output yang dihasilkan. Terbukti dengan berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diperoleh SMP Muhammadiyah 1 Kudus