ctrlnum 2647
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/</relation><title>STUDI EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013&#xD; PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA&#xD; ISLAM DI MA NU MIFTAHUL FALAH&#xD; CENDONO DAWE KUDUS</title><creator>MUIZ, M. ABDUL</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Kurikulum</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (3) Bagaimana dampak implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.&#xD; Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks lapangan, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret Studi Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus berjalan dengan baik, Proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah pada Kurikulum 2013, siswa dituntut aktif untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran saintifik; mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. (2) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, guru lebih memahami dan menguasai tentang inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga sarana dan prasarana yang meliputi media, alat dan sumber pembelajaran yang sudah cukup memadai serta kesiapan antara guru dan siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakteristik peserta didik, membutuhkan waktu yang cukup dalam menerapkan Kurikulum 2013, dan kurangnya perencanaan dalam penerapan Kurikulum 2013. (3) Dampak dari implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul yaitu siswa sungguh-sungguh dalam memahami materi pengajaran, siswa harus menalar dari materi tersebut. Juga guru harus ekstra mengevaluasi siswa dan siswa harus lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PAI agar tidak terjadi keterlambatan dalam menerima materi pelajaran. Selain itu guru harus mengorganisasi siswa dalam pembelajaran mulai dari mengatur materi, model pembelajaran, waktu pembelajaran, karena penerapan kurikulum 2013 lebih banyak pada kegiatan, dan juga dalam kurikulum 2013 ini, madrasah harus menyediakan fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/1/01%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/2/02%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/3/03%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/4/04%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/5/05%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/6/06%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/7/07%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/8/08%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/9/09%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> MUIZ, M. ABDUL (2017) STUDI EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS. Masters thesis, STAIN KUDUS. </identifier><recordID>2647</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUIZ, M. ABDUL
title STUDI EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS
publishDate 2017
topic Pendidikan
Kurikulum
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/1/01%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/2/02%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/3/03%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/4/04%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/5/05%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/6/06%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/7/07%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/8/08%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/9/09%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2647/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (2) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus (3) Bagaimana dampak implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks lapangan, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret Studi Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah tersebut. Data tersebut diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus berjalan dengan baik, Proses pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah pada Kurikulum 2013, siswa dituntut aktif untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran saintifik; mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. (2) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, guru lebih memahami dan menguasai tentang inovasi pembelajaran sehingga mempunyai kesiapan mental dan kecakapan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga sarana dan prasarana yang meliputi media, alat dan sumber pembelajaran yang sudah cukup memadai serta kesiapan antara guru dan siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakteristik peserta didik, membutuhkan waktu yang cukup dalam menerapkan Kurikulum 2013, dan kurangnya perencanaan dalam penerapan Kurikulum 2013. (3) Dampak dari implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MA NU Miftahul yaitu siswa sungguh-sungguh dalam memahami materi pengajaran, siswa harus menalar dari materi tersebut. Juga guru harus ekstra mengevaluasi siswa dan siswa harus lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran PAI agar tidak terjadi keterlambatan dalam menerima materi pelajaran. Selain itu guru harus mengorganisasi siswa dalam pembelajaran mulai dari mengatur materi, model pembelajaran, waktu pembelajaran, karena penerapan kurikulum 2013 lebih banyak pada kegiatan, dan juga dalam kurikulum 2013 ini, madrasah harus menyediakan fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013.
id IOS4368.2647
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2019-07-09T20:34:19Z
last_indexed 2019-07-09T20:34:19Z
recordtype dc
_version_ 1686121753287327744
score 17.538404