Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Kedisiplinan Membagi Waktu Kegiatan Sehari-hari Siswa Kelas VIII MTs Al-Furqon Garung Lor Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Garung Lor Kaliwungu Kudus sebanyak 51 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: terdapat pengaruh antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kedisiplinan membagi waktu kegiatan sehari-hari siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Garung Lor Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2017/2018, hal ini terlihat dari perhitungan yang diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,602 ketika dikonsultasikan dengan rtabel = 40 taraf signifikansi 5% (0,279) dan 1% (0,361) hasilnya menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel berarti signifikan, artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kedisiplinan membagi waktu kegiatan sehari-hari siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Garung Lor Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga terdapat nilai koefisien determinasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 36,24%. Artinya variabel kebiasaan membaca Al-Qur’an mempengaruhi terhadap kedisiplinan membagi waktu kegiatan sehari-hari siswa kelas VIII MTs Al-Furqon Garung Lor Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dengan nilai sebesar 36,24%, sedangkan sisanya 100%-36,24% = 63,76% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.