Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan memahami pengaruh pelaksanaan metode Pembelajaran Aktif terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang diperoleh dari responden (Siswa Madrasah) sebanyak 40 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Metode Pembelajaran Aktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan psikomotorik siswa. Hal ini diketahui bahwa nilai r hitung = 0,567 > r tabel = 0,312, menyumbang = 32, 1489% dan sisanya yaitu 67,8511% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi = Y = 13,837 + 0,355 X dan F reg = 18,004, sedangkan F tabel adalah 4,10. Karena F reg lebih besar dari F tabel, berarti signifikan.