PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB ADAB AL-ALIM WA AL-MUTA'ALLIM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA DI MA ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi non partisipasif , wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Muatan Lokal Akhlak, Waka Kurikulum serta siswa MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa Di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan cara Proses pembelajaran muatan lokal mata pelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim di MA Abadiyah berlangsung di dalam kelas dengan menggunakan metode bandongan yang beralokasi waktu pada hari Sabtu dan Ahad dengan 1 kali pertemuan (45 menit). Meskipun pengajarannya masih menggunakan cara klasik namun tidak lantas menjadikan proses belajar mengajar menjadi gagal. Kenyataannya para siswa mudah memahami maksud dari setiap materi pelajaran yang telah dimaknai secara gandul dan kemudian diterjemahkan ulang ke bahasa Indonesia, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Penerapan model pembelajaran bandongan pada mata pelajaran akhlak bisa melatih keterampilan berpikir kritis siswa. pembelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim sangatlah positif dilihat dari sangat minimnya bahkan tidak ada sumber yang menyatakan bahwa pembelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim sangat sulit atau tidak mudah difahami. Didukung dengan pengajar yang mumpuni, berpengalaman luas dan supel, sehingga menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan.