IMPLEMENTASI MODEL WEB ENHANCED COURSE PADA PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK DI MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: MUKARROMAH, RIFAATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/2484/1/COVER-DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2484/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model web enhanced course pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak tahun pelajaran 2016/2017. Didalam penelitian ini terdapat dua permasalahan, yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan model web enhanced course pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak tahun pelajaran 2016/2017. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model web enhanced course pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara yang diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru akidah akhlak dan siswa kelas X MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak, Dan analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi model web enhanced course pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak tahun pelajaran 2016/2017. Pembelajaran ini digunakan guru akidah akhlak sebagai alternatif dalam pembelajaran karena alokasi waktu yang sedikit untuk pelajaran akidah akhlak. Melalui pendekatan tersebut siswa dapat memperoleh sumber belajar yang lebih luas dengan keterbatasan waktu yang dimiliki, siswa dapat belajar secara mandiri di luar jam pelajaran, dan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi model web enhanced course pada pembelajaran akidah akhlak di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak tahun pelajaran 2016/2017, faktor pendukungnya meliputi adanya fasilitas yang menunjang proses pembelajaran seperti laboratorium komputer, jaringan internet dan LCD Proyektor. Dan juga antusias dan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi jumlah komputer yang kurang memadai, adanya peraturan yang tidak memperbolehkan siswa membawa handphone ke sekolah, jaringan internet atau wifi yang terbatas dan faktor ekonomi siswa.