Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujun untuk mengetahui seperti apa penerapan pendidikan pondok pesantren yang berbasis Entrepreneurship di pondok pesantren entrepreneur Al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus, karena pesantren Al-Mawaddah selain menerapakan pendidikan pondok salaf pada umumnya tetapi juga menerapkan sistem pendidikan pondok modern dengan memasukkan pendidikan kewirusahaan didalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif, pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelelitian ini adalah pengasuh, ketua pondok dan santri. Metode analisis data menggunakan metode tiga langakah yaitu reduksi data, verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menerapkan pendidikan entrepreneur di Pondok Pesantren Al Mawaddah sudah tertata rapi agar tidak berbenturan dengan kegiatan perkuliahan, bahkan sudah berkembang pada bidang-bidang yang lain. Kemudian manajemen pondok pesantren sudah tertata dengan rapi dalam memadukan antara kegiatan di pondok dan kegiatan disekolah ataupun perkuliahan. Pesantren telah memiliki sistem perencanaan yang memadai yaitu dengan adanya visi dan misi yang telah tersusun dan terencana untuk mencapai tujuan. Selain visi misi ada pula core value yakni nilai-nilai luhur yang wajib dimiliki oleh santri. Para santri di pesantren Al-Mawaddah tidak hanya belajar tentang ilmu agama saja akan tetapi juga bisa belajar untuk menjadi seorang entrepreneur sejati yang tak hanya pandai berdagang tetapi juga pandai mengaji.