Daftar Isi:
  • Strategi bersaing perusahaan merupakan langkah-langkah strategi yang terencana maupun tidak terencana untuk dapat memiliki keunggulan bersaing sehingga dapat menarik perhatian konsumen, memperkuat posisi dalam pasar, dan bertahan terhadap tekanan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bersaing Tactical Adventure dalam pengelolaan usaha adventure shop di Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan Verification. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa strategi bersaing generic yang digunakan Tactical Adventure untuk memenangkan persaingan dalam perspektif ekonomi syariah adalah menggunakan strategi kepemimpinan biaya rendah dengan menetapkan harga yang kompetitif karena selain mengejar keuntungan juga mengejar berkah, memberikan bonus dan diskon. Kedua, menggunakan strategi diferensiasi dengan memperhatikan kualitas produk yang bagus karena untuk menjaga kepercayaan dari konsumen serta memberikan informasi dan saran dari produk yang dijual karena untuk menghindar dari perilaku tipu-menipu. Ketiga, strategi fokus dengan melayani konsumen dari suatu produk dengan kebutuhan dan keinginan yang sama.