ctrlnum 2416
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/</relation><title>Pembelajaran PAI Bagi Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus Tahun 2018</title><creator>Makfuah, Dewi Latifatul</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 2) Metode pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 3) Evaluasi pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 4) Kendala dalam pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis field research, yaitu peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi. Adapun sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah meliputi pertama kegiatan awal, yang diisi dengan kegiatan apersepsi, kedua kegiatan inti, yang berisi penyampaian pembelajaran, dan terakhir kegiatan penutup yang berisi tentang penilaian sejauh mana peserta didik mampu menguasai pembelajaran. 2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah menggunakan metode ABA/ Lovaas. 3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu UTS, UAS, serta evaluasi mingguan dan bulanan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara pengamatan ketika proses pembelajaran berlangsung dan di akhir semester ketika menjelang anak liburan. 4) Kendala dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah yaitu Materi yang disajikan berulang-ulang sehingga rasa bosan terkadang menyerang para guru, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua sehingga materi yang diajarkan hanya direalisasikan di Pondok Pesantren saja, akan tetapi tidak dibiasakan oleh orang tua di rumah, minimnya tenaga pengajar sehingga pada kelompok Pra yang awalnya satu siswa satu guru menjadikan satu guru lima siswa.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/1/1.%20BAGIAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Makfuah, Dewi Latifatul (2018) Pembelajaran PAI Bagi Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2416</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Makfuah, Dewi Latifatul
title Pembelajaran PAI Bagi Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus Tahun 2018
publishDate 2018
topic Pendidikan Islam
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/1/1.%20BAGIAN%20AWAL.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/4/4.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2416/
contents Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 2) Metode pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 3) Evaluasi pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 4) Kendala dalam pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis field research, yaitu peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi. Adapun sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah meliputi pertama kegiatan awal, yang diisi dengan kegiatan apersepsi, kedua kegiatan inti, yang berisi penyampaian pembelajaran, dan terakhir kegiatan penutup yang berisi tentang penilaian sejauh mana peserta didik mampu menguasai pembelajaran. 2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah menggunakan metode ABA/ Lovaas. 3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu UTS, UAS, serta evaluasi mingguan dan bulanan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara pengamatan ketika proses pembelajaran berlangsung dan di akhir semester ketika menjelang anak liburan. 4) Kendala dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah yaitu Materi yang disajikan berulang-ulang sehingga rasa bosan terkadang menyerang para guru, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua sehingga materi yang diajarkan hanya direalisasikan di Pondok Pesantren saja, akan tetapi tidak dibiasakan oleh orang tua di rumah, minimnya tenaga pengajar sehingga pada kelompok Pra yang awalnya satu siswa satu guru menjadikan satu guru lima siswa.
id IOS4368.2416
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2019-05-07T08:15:40Z
last_indexed 2019-05-07T08:15:40Z
recordtype dc
_version_ 1686121751854972928
score 17.538404