ctrlnum 2405
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/</relation><title>PENGARUH PEMBELAJARAN EFEKTIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>ZULFA, NELY</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. &#xD; Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang mampu membentuk moralitas peserta didik, dan adat kebiasaan yang terbentuk merupakan suatu perbuatan yang dilakukan dengan berulang-ulang, perbuatan tersebut akan menjadi kebiasaan, karena dua faktor, pertama adanya kesukaan hati kepada suatu pekerjaan, dan kedua menerima kesukaan itu dengan melahirkan suatu perbuatan. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi perlu diasah sejak dini, karena emosi merupakan salah satu proses keberhasilan individu dalam berbagai aspek kehidupan.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang di sebarkan kepada responden sebanyak 65 siswa. Adapun lokasi penelitian di lakukan di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran efektif kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 70,338 yang termasuk dalam interval 65&#xF02D;73. Sedangkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 adalah tergolong kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 67,307 yang termasuk dalam interval 64&#xF02D;72. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi, dari hasil analisis di peroleh hasil R Square sebesar 0,633 (63,3%). Hal ini mengindikasikan bahwa variabel Pembelajaran Efekrif memiliki pengaruh sebesar 63,3% terhadap variabel kecerdasan emosional, sedangkan sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh banyak faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ZULFA, NELY (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN EFEKTIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2405</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZULFA, NELY
title PENGARUH PEMBELAJARAN EFEKTIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2018
topic Pendidikan
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/1/1.%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/4/4.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2405/
contents Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang mampu membentuk moralitas peserta didik, dan adat kebiasaan yang terbentuk merupakan suatu perbuatan yang dilakukan dengan berulang-ulang, perbuatan tersebut akan menjadi kebiasaan, karena dua faktor, pertama adanya kesukaan hati kepada suatu pekerjaan, dan kedua menerima kesukaan itu dengan melahirkan suatu perbuatan. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi perlu diasah sejak dini, karena emosi merupakan salah satu proses keberhasilan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang di sebarkan kepada responden sebanyak 65 siswa. Adapun lokasi penelitian di lakukan di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran efektif kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 70,338 yang termasuk dalam interval 6573. Sedangkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 adalah tergolong kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 67,307 yang termasuk dalam interval 6472. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi, dari hasil analisis di peroleh hasil R Square sebesar 0,633 (63,3%). Hal ini mengindikasikan bahwa variabel Pembelajaran Efekrif memiliki pengaruh sebesar 63,3% terhadap variabel kecerdasan emosional, sedangkan sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh banyak faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
id IOS4368.2405
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2019-05-07T08:15:40Z
last_indexed 2019-05-07T08:15:40Z
recordtype dc
_version_ 1686121751804641280
score 17.538404