ANALISIS STRATEGI BERSAING GENERIK DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus Pada Minimarket Sumber Agung Jekulo Kudus)
Daftar Isi:
- Tujuan skripsi : (1) Untuk menganalisis bagaimana strategi bersaing generik di minimarket Sumber Agung Jekulo Kudus. (2) Untuk menganalisis loyalitas konsumen di minimarket Sumber Agung Jekulo Kudus. (3) Untuk menganalisis bagaimana strategi bersaing generik dalam meningkatkankan loyalitas konsumen di minimarket Sumber Agung Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer atau data langsung dari survei dan observasi. Penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Strategi bersaing generik di minimarket ini yakni strategi kepemimpinan biaya dan diferensiasi dengan memberikan harga rendah dan pelayanan yg berbeda dengan pesaing. Loyalitas konsumen di minimarket Sumber Agung Jekulo sangat baik dilihat dari karakteristik yang dimilikinya yakni melakukan pembelian secara teratur, melakukan pembelian di semua lini produk atau jasa, merekomendasikan produk lain serta menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing. Strategi bersaing generik di minimarket Sumber Agung Jekulo Kudus ditinjau dari perspektif Islam yaitu sudah baik, hal ini dapat dilihat dari sisi strategi harga terbebas dari unsur riba, tidak menjelek-jelekan pesaing dan tidak membanting harga