EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KELAS KHUSUS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DAN PRAKTIK IBADAH DI MTS NU AL HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas pembelajaran kelas khusus dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan praktik ibadah di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. (2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran kelas khusus dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan praktik ibadah di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. (3) Mengetahui hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran kelas khusus dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan praktik ibadah di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus . Adapun jenis penelitian ini termasuk field research dan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik nonprobability sampling, penentuannya menggunakan purposive sampling. Jumlah informan penelitian ini sebanyak enam informan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alasan pembentukan program kelas khusus ini yaitu sekolah tidak bisa menolak siswa yang mendaftar karena tidak ingin mematahkan semangat siswa untuk belajar dan masih banyaknya siswa yang belum menguasai kemampuan membaca Al-Quran dan praktik ibadah. Pembelajaran BTA menggunakan metode klasikal dan individual dengan kitab yanbu’a dan Al-Quran serta pada akhir pembelajaran diadakan evaluasi pembelajaran. Sedangkan pembelajaran fikih bab sholat diberikan materi terlebih dahulu baru kemudian praktik. Pembentukan kelas khusus ini sudah efektif karena dapat mempermudah guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan praktik ibadah siswa dengan baik. (2) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran kelas khusus ini yaitu adanya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, adanya komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang baik saat pembelajaran, adanya pendidik yang berkompeten, dan adanya motivasi yang mendorong peserta didik untuk semangat dalam belajar. (3) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran kelas khusus ini yaitu kurangnya tingkat perhatian dan konsentrasi peserta didik, alokasi waktu, sarana dan prasarana dan lingkungan sosial