Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Mulia Siswa Kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor dan mengetahui bagaimana solusi mengatasi Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Mulia Siswa Kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor. Penelitian ini termasuk dalam bidang penelitian akademis atau pendidikan. Sedangkan berdasarkan tempatnya, penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian field research (penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya dan bertujuan untuk menemukan informasi sebanyak-banyaknya dari suatu fenomena. Dengan demikian penelitian ini secara langsung meneliti atau menyelidiki problematika yang dialami oleh guru dalam membiasakan karakter mulia serta solusinya di kelas IV MI Miftahul Falah Jepat Lor. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah strategi dan teknik penelitian yang digunakan untuk memahami masyarakat dengan mengumpulkan sebanyak mungkin fakta mendalam, data disajikan dalam bentuk verbal bukan dalam bentuk nilai. Jadi data yang didapatkan akan diolah secara kosakata bukan dalam bentuk angka-angka. Rumusan masalah yang peneliti kaji adalah apa saja Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Mulia Siswa Kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor dan bagaimana solusi untuk mengatasi Problematika Guru Dalam Program Pembiasaan Karakter Mulia Siswa Kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat menggugah pikiran dan membuka hati para pendidik agar mampu mengembangkan pendidikan karakter di lembaga-lembaga pendidikan dan memberikan masukan kepada dunia pendidikan terutama masalah yang berkaitan dengan pembiasaan karakter mulia dan permasalahan serta solusi dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan Problematika yang dihadapi oleh guru kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor internal ( dari siswa dan guru sendiri) dan faktor eksternal. Solusi Mengatasi Problematika Guru kelas IV di MI Miftahul Falah Jepat Lor antara lain: 1) Menyambut siswa dengan bersalaman sebelum masuk sekolah, 2) Guru memberikan perhatian yang lebih ketika mengawal program pembiasaan karkter mulia, 3) Memberikan contoh perilaku mulia kepada anak didik. 4) Membuat suasana yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran, 5) Memberikan reward kepada siswa yang ta’at dan punishment kepada siswa yang melanggar, 6) Praktek wudlu dan shalat siswa diperhatikan lebih intensif, 7) Ditambahkan arti dalam pembacaan Asmaul Husna