Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui seberapa tinggi hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (2) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (3) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning; (4) mengetahui adakah interaksi antara hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam jenis penelitian eksperimen. Peneliti melakukan studi eksperimen di MI NU Tarbiyatus Shibyan Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling jenis cluster sampling. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif adalah menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas V pada tingkat kognitif dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw memperoleh hasil rata-rata 77,5 di mana tergolong kategori cukup dan model pembelajaran teacher centered learning memperoleh hasil 56,81 di mana dalam katogori kurang. 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 dari hasil Fhitung > Ftabel (17,816 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05). 3) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas dalam tingkatan kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 dari hasil Fhitung > Ftabel (86,466 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) Terdapat interaksi antara hasil belajar peserta didik kelas V dalam tingkat kognitif pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dan model pembelajaran teacher centered learning (sebagaimana output SPSS 20 hasil dari Fhitung > Ftabel (4,989 > 3,91) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05.