STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ANAK TUNARUNGU DAN TUNAWICARA) DI SMALB BINA CITRA PATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana startegi yang digunakan oleh guru dalam memberikan materi bagi anak berkebutuhan khusus, hambatan guru dalam mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, serta efektifitas penggunaan strategi pada anak berkebutuhan khusus (tunarungu dan tunawicara) di SMALB Bina Citra Pati Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapang (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang berusaha memberikan dengan sistematis format fakta-fakta aktual dan sifat populasi tertentu. Pengumpulan data-data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data, yaitu dengan memadukan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan sumber data baik berupa bahan-bahan kepustakaan, informan, kegiatan pada saat pembelajaran, dan dokumentasi yang berkaitan dengan SMALB Bina Citra Pati Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung dimana pembelajarannya diarahkan langsung oleh guru yang bersifat kondisional. Strategi ini dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan keadaan siswa anak berkebutuhan khusus dan materi yang diberikan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hambatan guru dalam penggunaan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak berkebutuhan khusus kelas tunarungu dan tunawicara diantaranya yaitu: Sulitnya memberikan pemahaman mengenai bahasa-bahasa ilmiah, kurangnya guru yang ahli dalam bidang pendidikan luar biasa, sarana dan prasarana yang kurang guna menunjang pembelajaran, kurangnya alokasi waktu pembelajaran pendidikan agama Islam. Efektifitas penggunaan strategi ini dilihat dari perubahan pola pikir dan tingkah laku siswa yang menunjukkan perubahan dan perkembangan dari yang belum bisa menjadi bisa.