PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran afektif di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus. (2) Untuk mengetahui penyesuaian diri siswa di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus. (3) Untuk pengetahui pengaruh strategi pembelajaran afektif terhadap penyesuaian diri siswa kelas X di SMK Assa’diyyah Kirig Mejobo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi dan angket. Adapun dengan menggunakan angket yang menjadi responden adalah peserta didik kelas X sebanyak 55 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. (1) Adapun hasil penelitian ini adalah: Strategi pembelajaran afektif di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus tergolong kategori baik, dengan nilai mean 29,45 yang termasuk dalam interval (26-33) dengan kategori baik. (2) Penyesuaian diri siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus adalah tergolong baik, dengan nilai mean 28,64 yang termasuk dalam interval (26-33) dengan kategori baik. (3) Ada pengaruh antara strategi pembelajaran afektif terhadap penyesuaian diri siwa mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus. Hal ini diketahui bahwa rhitung =0,545> rtabel = 0,266, menyumbang = 29,8% dan sisanya yaitu 70,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi Y = 9,977 + 0,633 X dengan nilai korelasi sebesar rxy =0.545 pada taraf signifikan 1% rt = 0.345 dan taraf signifikan 5% rt = 0.266, koefisien korelasi antara variabel X dan Y lebih besar dari nilai koefisien yang ada pada tabel atau rxy hitung (0.545) > r tabel