Daftar Isi:
  • Sekolah merupakan jalur pendidikan formal dengan peserta didik yang tergolong banyak dan memiliki kemampuan, karakteristik serta minat yang bebeda-beda. Untuk mengatasi perbedaan karakteristik peserta didik tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh yakni melakukan pengelompokan peserta didik dalam rombongan belajar yang memiliki karakteristik sama atau hampir sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program pengelompokan kelas di SMP IT Assa’idiyyah Mejobo Kudus, mengetahui dampaknya terhadap mata pelajaran PAI serta mengetahui persepsi guru PAI terhadap pengelompokan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan member check. Teknik analsis data dilakukan secara interaktif yang meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI dalam kelas Taahfidz dan reguler mempunyai guru, buku ajar dan metode yang sama, serta mempunyai perbedaan dalam strategi, media dan hasil belajar. Kelas Tahfidz dan kelas Reguler tidak menimbulkan kesenjangan perlakuan dari guru. Persepsi guru PAI menunjukkan pegelompokan kelas sangat baik diterapkan kepada siswa.