Daftar Isi:
  • Permasalahan dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan strategi group togroup pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (2) Bagaimana kemandirian belajar peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak (3) Bagaimana pengaruh antara pelaksanaan strategi group to group terhadapkemandirian belajar peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Dengan tujuan secara umum adalah untuk mengetahi pengaruh strategi group to group terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang disebarkan pada 72 respondenya itu kelas XI. Adapun lokasi penelitian di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) strategi group to group pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2016/2017 adalah tergolong cukup baik karena memiliki nilai mean sebesar 39 yang termasuk dalam interval 26-40. (2) kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak thun pelajaran 2016/2017 adalah tergolong cukup baik karena memiliki nilai mean sebesar 42 yang termasuk dalam interval 39-44. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi group to group terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akidaha khlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dengan hasil peneliti yang telah dianalisis, dari hasil analisis didapatkan perhitungan diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel, yaitu F hitung 402,746 jika dibandingkan dengan nilai F tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,976 maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh strategi group to group terhadap kemandirian belajar peserta didik pad amata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2016/2017. Berarti benar-benar ada pengaruh strategi group to group terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Mazro’atul Huda Karaganyar Demak tahun pelajaran 2016/2017. Sehingga variable pengaruhnya adalah sebesar85,192% sedangkan sisanya 100% - 85,192% =14,808% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.