ctrlnum 2227
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/</relation><title>STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK ASSA&#x2019;IDIYAH KIRIG MEJOBO KUDUS&#xD; TAHUN AJARAN 2017/2018</title><creator>HANDAYANI, SRI</creator><subject>Akhlak</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Tuuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) disini penulis mengumpulkan data dari lapangan untuk berbagai masalah yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Dalam hal ini peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian, yaitu di SMK Assa&#x2019;idiyah Kirig mejobo Kudus guna memperoleh data yang akurat dan jelas. Peneliti meneliti strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik. Dalam hal ini pusat penelitian yaitu guru PAI yang mengampu kelas X A TKJ dan XII PS. Kedua guru PAI tersebut yaitu bapak Ali Shodiqin dan Ibu Hanifah.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah dilatar belakangi perilaku peserta didik yang kurang baik dalam segi akhlak, dan penerapan visi, misi, dan tujuan sekolah pada poin santun dan peduli lingkungan. Metode &#x2013; metode yang digunakan yaitu sebagai berikut: Keteladanan, latihan dan pembiasaan, mengambil pelajaran, nasehat, janji dan ancaman (Targhib Wa Tarhib). 2)Faktor pendukung strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah, yaitu Adanya kegiatan sekolah berbasis keagamaan seperti muhasabah, sholat dluha berjamaah, sholat dzuhur berjama&#x2019;ah, serta pembacaan Rotibul Hadad sebelum pelaksanaan ujian, adanya peraturan sekolah yang mendukung pembinaan akhlak seperti: peraturan tentang penggunaan seragam sekolah dan aksesoris yang diperbolehkan dan yang tidak, peraturan berangkat tepat waktu, peraturan tidak memainkan hp saat pembelajaran sedang berlangsung tanpa seizing guru, peraturan dilarang berpacaran dan perintah berlaku sopan. , adanya kerjasama antara guru PAI, guru BK, dan wali peserta didik, adanya ekstrakurikuler keagamaan (BTA dan rebana) serta ekstrakurikuler kepanduan (pramuka) yang mendukung perubahan akhlak peserta didik menjadi lebih baik lagi..Sedangkan faktor penghambat strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa&#x2019;idiyah yaitu:Kurangnya kesadaran dari diri peserta didik, contohnya peserta didik yang masih mengenakan hp selama proses pembelajaran, kurangnya pemantauan orang tua, padahal dalam hal ini peran orang tua sangat penting, dan lingkungan tempat tinggal peserta didik yang kurang mendukung, karena di daerah mejobo banyak anak yang putus sekolah.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/1/1.%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/2/2.%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/3/3.DAFTAR%20ISI%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/4/4.%20BAB%20I%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/5/5.%20%20BAB%202%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/6/6.%20BAB%203%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/7/7.%20bab%204%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/8/8.BAB%20V%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/9/9.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> HANDAYANI, SRI (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK ASSA&#x2019;IDIYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. </identifier><recordID>2227</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HANDAYANI, SRI
title STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK ASSA’IDIYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018
publishDate 2018
topic Akhlak
Pendidikan
Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/1/1.%20cover.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/2/2.%20Abstrak.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/3/3.DAFTAR%20ISI%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/4/4.%20BAB%20I%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/5/5.%20%20BAB%202%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/6/6.%20BAB%203%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/7/7.%20bab%204%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/8/8.BAB%20V%20.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/9/9.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2227/
contents Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Tuuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI daam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, Kirig, Mejobo, Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) disini penulis mengumpulkan data dari lapangan untuk berbagai masalah yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Dalam hal ini peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian, yaitu di SMK Assa’idiyah Kirig mejobo Kudus guna memperoleh data yang akurat dan jelas. Peneliti meneliti strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik. Dalam hal ini pusat penelitian yaitu guru PAI yang mengampu kelas X A TKJ dan XII PS. Kedua guru PAI tersebut yaitu bapak Ali Shodiqin dan Ibu Hanifah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Strategi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah dilatar belakangi perilaku peserta didik yang kurang baik dalam segi akhlak, dan penerapan visi, misi, dan tujuan sekolah pada poin santun dan peduli lingkungan. Metode – metode yang digunakan yaitu sebagai berikut: Keteladanan, latihan dan pembiasaan, mengambil pelajaran, nasehat, janji dan ancaman (Targhib Wa Tarhib). 2)Faktor pendukung strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah, yaitu Adanya kegiatan sekolah berbasis keagamaan seperti muhasabah, sholat dluha berjamaah, sholat dzuhur berjama’ah, serta pembacaan Rotibul Hadad sebelum pelaksanaan ujian, adanya peraturan sekolah yang mendukung pembinaan akhlak seperti: peraturan tentang penggunaan seragam sekolah dan aksesoris yang diperbolehkan dan yang tidak, peraturan berangkat tepat waktu, peraturan tidak memainkan hp saat pembelajaran sedang berlangsung tanpa seizing guru, peraturan dilarang berpacaran dan perintah berlaku sopan. , adanya kerjasama antara guru PAI, guru BK, dan wali peserta didik, adanya ekstrakurikuler keagamaan (BTA dan rebana) serta ekstrakurikuler kepanduan (pramuka) yang mendukung perubahan akhlak peserta didik menjadi lebih baik lagi..Sedangkan faktor penghambat strategi pembinaan akhlak peserta didik di SMK Assa’idiyah yaitu:Kurangnya kesadaran dari diri peserta didik, contohnya peserta didik yang masih mengenakan hp selama proses pembelajaran, kurangnya pemantauan orang tua, padahal dalam hal ini peran orang tua sangat penting, dan lingkungan tempat tinggal peserta didik yang kurang mendukung, karena di daerah mejobo banyak anak yang putus sekolah.
id IOS4368.2227
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2019-05-07T08:15:36Z
last_indexed 2019-05-07T08:15:36Z
recordtype dc
_version_ 1686121750584098816
score 17.538404