Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada mata pelajaran SKI kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 02 kudus, (2) untuk mengetahui berpikir kritis pada mata pelajaran SKI kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 2 kudus, (3) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi profesional guru terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 2 kudus. Hipotesis ini adalah pakah ada pengaruh yang signifikan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Berpikir Kritis Siswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan mengambil responden sebanyak 55 siswa pada kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 2 kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi profesional guru dalam kategori cukup yaitu sebesar 60,05 yang termasuk dalam interval (53-62). Berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus dalam kategori baik sebesar 52 yag termasuk dalam interval (51-71). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi professional guru terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ =34,5310+0,3039X. 3) Kompetensi profesional guru terdapat hubungan yang signifikan dalam berpikir kritis siswa sebesar 0,1132 termasuk dalam kategori sangat rendah. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 1,28%, artinya kompetensi professional guru memberikan konstribusi sebesar 1,28% terhadap berpikir kritis siswa di MA NU Hasyim Asy’ari 2 kudus.