IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM DI MTS ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Implementasi pendidikan karakter perspektif Islam di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara, 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter perspektif Islam di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter perspektif Islam di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara dilaksanakan melalui pembelajaran, terbukti setelah diimplementasikannya pendidikan karakter perspektif Islam, siswa sudah melakukan tahap demi tahap tugas yang diberikan oleh guru dengan jumlah waktu yang ditentukan. Mereka melakukannya dengan tertib atau sesuai dengan urutan waktunya dan selesai sesuai dengan urutan waktunya, tidak ada satupun yang berlaku curang, seperti membuka buku ataupun mencontek. Kemudian siswa juga tidak pernah absen, selalu memasuki kelas tepat waktu, karena hal tersebut merupakan bagian dari kesungguhan mereka dalam belajar. Sehingga dari prestasi juga terlihat baik, yaitu diraihnya juara III oleh siswa kelas VIII E yang bernama Ahmad Nur Hidayatullah pada lomba Tahfidz 1 Juz dan Tartil pelajar putra SMP/MTs tingkat Kabupaten Jepara, dan Indi Amalia yang meraih juara II lomba Tahfidz 1 Juz dan Tilawah pelajar putri SMP/MTs tingkat Kabupaten Jepara. 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter perspektif Islam, terdiri dari 5 faktor yaitu: kebijakan Kepala Madrasah, yang mencakup visi, misi, serta tujuan madrasah yang ingin di capai. Faktor kurikulum, di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara untuk kelas VII dan VIII sudah menggunakan kurikulum 2013, untuk kelas IX mata pelajaran PAI sudah menggunakan kurikulum 2013, sedangkan mata pelajaran umum masih menggunakan KTSP. Faktor guru, bahwa guru sudah mengampu mata pelajaran sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Faktor siswa, bahwa masing-masing siswa memiliki karakter yang berbeda-beda karena mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, maka akan mempengaruhi karakter siswa terhadap sekitarnya. Faktor sarana prasarana, bahwa sarana prasarana yang memadai sangat mendukung diterapkannya pendidikan karakter perspektif Islam. Kelima faktor tersebut sesuai terhadap implementasi pendidikan karakter perspektif Islam.