Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skill guru PAI di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 dan karakter religius peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 serta pemberdayaan soft skill guru PAI untuk mengembangkan karakter religius peserta didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus. Adapun sumber datanya yaitu Kepala Madrasah, guru PAI dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji ketekunan dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Soft Skill Guru PAI di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri dari 2 jenis, yaitu intrapersonal skill/kompetensi personal dan interpersonal skill/kompetensi sosial. 2) Karakter Religius Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 terbagi menjadi 2, yaitu selama proses pembelajaran di kelas dan di luar proses kegiatan belajar mengajar. 3) Pemberdayaan soft skill guru PAI di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus meliputi guru PAI menjadi model keteladanan, menjadi supervisor kegiatan peserta didik, menjadi pendamping do’a sebelum masuk kelas, menjadi penyelenggara berbagai kegiatan di sekolah, menjadi pemimpin do’a dalam kegiatan keagamaan, menjadi tenaga kependidikan (staf TU), dilibatkan dalam kegiatan koperasi sekolah, dan dilibatkan dalam interaksi sosial dengan wali murid dan masyarakat.