STUDI ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRAINING AND GUIDANCE KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA DARUL ULUM NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Gaya kepemimpinan training and guidance kepala madrasah di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019; 3) Gaya kepemimpinan training and guidance kepala madrasah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah dan guru mata pelajaran PAI. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Kepala madrasah MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus menggunakan gaya kepemimpinan training and guidance berupa pelatihan dan bimbingan, yaitu: Pertama, dalam madrasah berupa rapat madrasah setiap satu bulan sekali, kunjungan dan observasi kelas secara teratur, dan sharing secara empat mata dengan guru. Kedua, di luar madrasah yaitu memberikan penugasan kepada guru untuk mengikuti MGMP, diklat, seminar, lokakarya dan sebagainya sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia. 2) Kompetensi pedagogic guru Pendidikan Agama Islam di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari persiapan guru Pendidikan Agama Islam sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu selalu menyiapkan bahan ajar, membuat perangkat pembelajaran, dan melengkapi buku-buku yang relevan dengan materi ajar, menggunakan metode dan media yang variatif serta melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. 3) Gaya kepemimpinan training and guidance kepala madrasah dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Kepemimpinan training and guidance yang telah diterapkan dan dilaksanakan kepala madrasah berupa pelatihan dan bimbingan yang dilaksanakan di dalam maupun di luar madrasah, sudah memberikan perubahan yang signifikan bagi kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam.