EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTS. ALFURQON TERSONO GARUNG LOR KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab bagi Siswa yang tidak menggunakan Flash Cards di Kelas VII Mts Al-furqon tersono Garung Lor kaliwungu kudus 2). Untuk mengetahui Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab bagi Siswa yang menggunakan Flash cards di Kelas VII Mts Al-furqon tersono Garung Lor kaliwungu kudus 3). Untuk mengetahui Efektifitas penggunaan Media Flash Cards dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab bagi siswa Kelas VII Mts Al-furqon tersono Garung Lor kaliwungu kudus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Sampel penelitian diambil dari seluruh siswa kelas VII Mts. Al furqon Tersono Garung Lor Kaliwungu Kudus yang bejumlah 39 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan VII B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan test. Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas. Uji analisis data menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji t-test. Dari penelitian ini, diperoleh hasil hitung dari nilai t0 adalah 2,16 kemudian dibandingkan dengan ttabel untuk taraf signifikansi 5% 2,03 maka diketahui t0 lebih besar dibanding ttabel. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara murid yang menggunakan media pembelajaran flash card dengan murid yang tidak menggunakan media pembelajaran flash card Penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai murid yang menggunakan media pembelajaran flash card lebih tinggi dibanding murid yang tidak menggunakan media pembelajaran flash card. Dengan demikian, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran flash card sangat efektif terhadap penguasaan mufrodat murid.