Daftar Isi:
  • Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui analisis manajemen pengelolaan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrash Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan dalam beberapa rumusan masalah; 1) Bagaimana manajemen pengelolaan tenaga pendidik di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus?, (2) Bagaimana upaya pengelolaan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus?, (3) Bagaimana dampak manajemen pengelolaan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus?. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data yang digunakan dan dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Manajemen pengelolaan tenaga pendidik di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin sudah sesuai dengan standar manajemen tenaga pendidik, dilaksanakan yaitu meliputi perencanaan dan pengadaan guru, pemberian tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan latar belakang pendidikan guru, mengadakan pembinaan dan pengembangan guru secara berkelanjutan, serta mengevaluasi serta melakukan penilaian terhadap kinerja guru. 2) Upaya pengelolaan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Diniyyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus dilaksanakan sejak akan menjadi calon guru dengan melakukan beberapa seleksi. Kemudian upaya pembinaan rutin serta evaluasi guru juga dilaksanakan melalui rapat bulanan serta tahunan. Upaya pengembangan kinerja guru juga diadakan dengan mengikuti pelatihan atau workshop, disamping itu pengembangan secara personal guru juga saling bertukar fikiran dan pengalaman dengan guru yang lain. 3) Dampak manajemen pengelolaan tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Irsyaduth Tholibin Medini Undaan Kudus mempunyai dampak yang positif, baik itu bagi guru maupun siswa