IMPLEMENTASI METODE CIRCLE RESPONSE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KAYEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui proses pelaksanaan implementasi metode circle response pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun pelajaran 2016/2017. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode circle response pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kayen Pati tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) data primer meliputi guru PAI, peserta didik kelas XI IPS 3, kepala sekolah dan waka kurikulum; (2) data sekunder meliputi prota, promes, silabus, RPP, jadwal pelajaran, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan implementasi metode circle response pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan tingkat perhatian, keaktifan dan pemahaman peserta didik pada saat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga tahapan yakni (1) perencanaan, pendidik membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (2) pelaksanaan, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan sintaks metode Circle Response; (3) penilaian, pendidik melakukan penilaian pada saat proses pembelajaran meliputi keaktifan, hasil diskusi, keterampilan presentasi, sikap dan praktik juga dilengkapi ulangan harian, UTS dan UAS. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan implemetasi metode circle response pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2016/2017. Faktor pendukung secara internal yaitu (1) peserta didik memiliki intelegensi, minat, motivasi belajar yang tinggi; (2) kondisi fisik dan psikis yang baik; (3) guru memiliki kemampuan pedagogis dan profesional. Faktor eksternalnya yaitu (1) terpenuhinya sarana prasarana dan sumber belajar yang memadai; (2) jam pelajaran yang efektif; (3) terjalinnya kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adapun faktor penghambat secara internal yaitu (1) beberapa peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang rendah; (2) guru mengalami kesulitan dalam menangani karakteristik individual peserta didik. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu (1) penerapan metode circle response membutuhkan waktu yang cukup lama; (2) jumlah rombongan belajar yang cukup banyak; (3) kegaduhan di luar kelas yang tidak dapat diprediksi