ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK PROGRAM REMIDIASI DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS
ctrlnum |
2050 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/</relation><title>ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK PROGRAM REMIDIASI DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS</title><creator>Abidin, Mohammad Zaenal</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Fiqih dengan pendekatan Mastery Learning, yaitu tentang ketuntasan belajar siswa di MTs NU Ibtidaul Falah. Dalam pelaksanaan evaluasi ini yang dititikberatkan adalah tentang program remidiasi pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 
Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya, dengan mengambil latar di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) guru mendiagnosa kesulitan belajar siswa pembelajaran mata pelajaran fiqih dengan pendekatan Mastery Learning di MTs Nu Ibtidaul Falah dengan dengan mengidentifikasi siswa dengan melihat nilai hariannya, nilai hasil ujian, memeriksa buku LKSnya. (2) Program remidiasi mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan Mastery Learning di MTs NU Ibtidaul falah Samirejo Dawe Kudus, yakni pendalaman materi yang belum tuntas diajarkan kembali di waktu yang berbeda. Mengerjakan soal kembali setelah melaksanakan ujian yang diberikan guru kepada siswa serta soal yang diberikan lebih mudah. (3) Mengukur pencapaian kompetensi siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan Mastery learning di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Yakni dengan penilaian yang melibatkan dari berbagai aspek baik itu aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Penilaian bisa lewa tes dan non tes.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/1/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/9/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/6/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/7/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/8/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Abidin, Mohammad Zaenal (2017) ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK PROGRAM REMIDIASI DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>2050</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Abidin, Mohammad Zaenal |
title |
ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK PROGRAM REMIDIASI DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI MTS NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS |
publishDate |
2017 |
topic |
Pendidikan Islam |
url |
http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/1/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/4/4.%20BAB%20I.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/5/5.%20BAB%20II.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/9/6.%20BAB%20III.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/6/7.%20BAB%20IV.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/7/8.%20BAB%20V.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/8/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.stainkudus.ac.id/2050/ |
contents |
Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Fiqih dengan pendekatan Mastery Learning, yaitu tentang ketuntasan belajar siswa di MTs NU Ibtidaul Falah. Dalam pelaksanaan evaluasi ini yang dititikberatkan adalah tentang program remidiasi pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus.
Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya, dengan mengambil latar di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) guru mendiagnosa kesulitan belajar siswa pembelajaran mata pelajaran fiqih dengan pendekatan Mastery Learning di MTs Nu Ibtidaul Falah dengan dengan mengidentifikasi siswa dengan melihat nilai hariannya, nilai hasil ujian, memeriksa buku LKSnya. (2) Program remidiasi mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan Mastery Learning di MTs NU Ibtidaul falah Samirejo Dawe Kudus, yakni pendalaman materi yang belum tuntas diajarkan kembali di waktu yang berbeda. Mengerjakan soal kembali setelah melaksanakan ujian yang diberikan guru kepada siswa serta soal yang diberikan lebih mudah. (3) Mengukur pencapaian kompetensi siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan Mastery learning di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Yakni dengan penilaian yang melibatkan dari berbagai aspek baik itu aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Penilaian bisa lewa tes dan non tes. |
id |
IOS4368.2050 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Kudus |
affiliation |
onesearch.apptis.or.id |
institution_id |
156 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus |
library_id |
355 |
collection |
Repository STAIN Kudus |
repository_id |
4368 |
subject_area |
Islam/Agama Islam Islam dan Ilmu Sosial Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4368 |
first_indexed |
2018-02-01T03:13:47Z |
last_indexed |
2019-05-07T08:15:34Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686121749307981824 |
score |
17.538404 |