Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) supervisi akademik Kepala Madrasah Aliyah Raudlatusy Syubban Sekarjalak Margoyoso Pati, 2) kompetensi pedagogik Guru Madrasah Aliyah Raudlatusy Syubban Sekarjalak Margoyoso Pati, dan 3) efektivitas supervisi akademik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru di Madrasah Aliyah Raudlatusy Syubban Sekarjalak Margoyoso Pati. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian etnografis. Penelitian yang mengambil obyek di Madrasah Aliyah Raudlatu Syubban Sekarjalak Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati ini, menggali data dari Kepala Madrasah dan guru dengan fokus kegiatan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Madrasah dan kompetensi pedagogik guru. Data yang dibutuhkan digali melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dimulai sejak terjadi kegiatan data collecting (pengumpulan data). Setelah itu baru dilakukan kegiatan analisis yang mencakup kegiatan-kegiatan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclution drawing). Temuan penelitan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 1) Kepala Madrasah Aliyah Raudlatusy Syubban melakukan supervisi akademik dilakukan dalam bentuk a) memberikan pengarahan kepada guru pada acara rapat-rapat madrasah, b) menegakkan kedisiplinan, dan c) memanfaatkan waktu luang untuk berdiskusi tentang problematika pembelajaran yang dihadapi. 2) Guru MA Raudlatusy Syubban belum sepenuhnya melaksanakan kompetensi akademik yang disyaratkan dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kualifikasi Akademik. 3) Supervisi yang dilakukan Kepala Madrasah Raudlatusy Syubban Sekarjalak belum menampakkan hasil yang signifikan dan belum efektif meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Hal ini dikarenakan belum ada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang khusus dilaksanakan untuk tujuan tersebut. Supervisi Kepala Madrasah Aliyah Raudlatusy Syubban masih terlalu umum untuk digunakan sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru.